Skip to content

Mencetak gambar jalur PCB ke PCB dengan seterika

7 March 2011

This slideshow requires JavaScript.

Cara ini sebenarnya dah banyak di posting orang dan klo di cari di google mudah kok …. cuma yang mau ku tulis ini menurut  pengalaman ku setelah membaca2 cara yg di posting orang terdahulu … belajar dari pengalaman orang lain heheh😀.

sebelum ke cara … cerita dulu aja ya .. biar tulisannya banyak dan menunjukan ke orisinelannya 😀

Awal-awal praktek ku mencoba dengan kertas foto glosy kt temen sih tp hasilnya gak memuaskan ( mencoba pas foto copy warna  blm ada yg model kayak skr)  … kemudian baca2 posting orang suruh pakai kertas kalender (kertas glosy tapi rada tipis) , cuma ku gak punya kalender yang model kayak begitu setelah cari 2 teryata namanya itu kertas Apaper… trs ku  ke Toko Merah  jogja .. teryata di sana ada cuma ukurannya gede jd kan hrs di potong2 klo mau digunakan , gak jd beli deh hheheh.

Skr kan dah ada foto copy warna yg bagus tersebar dimana2 di jogja , sampai mau cetak ukuran segede apa kayaknya bisa dan skr dah murah… kepingin eksperimen lagi dan mencoba dulu pake kertas foto glosy 230grm, krn di rumah ada dan blm tahu klo di fotocopy jg dah meyediakan kertasnya, tp klo bw sendiri dr rumah biaya kertasnya gak bayar, cuma klo rusak gak mau ganti  itu aja sih.🙂

Lihat2 katalog kertas di foto copyan ternyata di sana ada kertas APAPER dengan ukuran 120grm (kertas ini lah cikal bakal kertas yg di pakai) .. jd coba tuk cetak itu ke kertas itu dan ke kertas glosy 230 gram yg di bw kerumah.

Berawal dari pengalaman teryata mencetak dengan ukran A3( ukurannya A4 + A4) lebih murah dr pada mencetak A4 2x.  di foto copy juga bisa memotongkan pakai list (kayak pas foto gitu) …. trs di sini berpikir lagi wah klo gitu klo di foto copy bisa cetak foto tp posisinya dah di atur di rumah … hasilnya gak kalah jauh / malah sama klo cetak di studio foto ( dengan asumsi cuma cetak aja lo jangan unsur edit foto di masukan hehehe)

Kembali lagi ke urusan cetak mencetak .. kenapa kok kita cetak ukurannya A3 tp klo dah mahir bisa aja kok A4 1x … agar gambar jalur PCBnya banyak dalam 1 kertas klo nanti gagal masih punya cadangan.

biar gak repot sekalian di potongkan sekalian . pemotonganya ada list dipinggirnya. kadang ada yang meminta jasa pemotongannya Rp500 per kertas🙂

Dari sisi harga asal gak untuk produksi banyak (krn cuma hobby tar deg klo dipakai bisnis hehe)  cetak film jalur PCB ke screen sablon dan foto copy laser warna (cuma hitam putih) lebih murah di foto copy krn  cikal bakal “film”  untuk ukuran A3 cuma Rp3500 klo film pakai screen sablon Rp6000 tuk ukuran 30cm dan lagian klo mau film sablon , jauh tempatnya hrs ke Ngasem Baru (blm bisa film sendiri)  , klo foto copy kan tersebar dimana2.

Kapan ini cerita caranya … sblm cerita caranya ini ku kasih model gambar jalur PCB yang sdh pernah ku coba

Selama ini hasil yang di peroleh blm bisa 100% . Gambar jalur PCB yang tercetak di PCB  ada jalur – jalur yg terputus , hasilnya antara 80%-95%.

 

langkah- langkahnya:

1. meyiapkan gambar jalur PCB dalam file PDF ke ukuran kertas yang inginkan, misal A4 / A3

untuk menggambar jalur PCB, meyusun gambar di kertas A4/A3 ( dlm 1 kertas bisa lebih dari 1 gambar ) dan membuat file PDF menggunakan program Altium Designer.

2. Mennncetak file PDF tersebut ke dalam kertas Apaper 120gram menggunakan print laser ( krn yang di butuhkan ada lahh karbonnya)

3. Memotong gambarnya kurang lebih di beri list tepi  2-3 mm

4. Memotong PCB seukuran gambar yang dipotong tadi, lebih besar sedikit lebih baik.

5.Berishkan PCB dengan air Sabun sambil di amplas kertas nomor 500/1000.

mengaplasnya di dalam air sabun dengan cara memutar , hasil yang bagus bila guratan ampalas tidak begitu terlihat di PCB

5.Panaskan seterika dan set pada mode kain wool selama 10 – 15 menit

6.tempelkan gambar jalur    PCB ke PCB , dimana jalurnya menghadap ke PCB yang ada tembaganya

7. Presslah selama 30-40 detik dengan seterika ,

jika dalam mengepres gambar ke PCB tidak semua kena press oleh seterika , maka lakukan bertahap sampai semua gambar ter press

8. gosok – gosok lah gambar ,seperti meyerterika baju sambil  di tekan sampai jalur PCB terlihat ( menandakan jalur tertempel ke PCB)

usahakan jangan ada yang timbul gelembung di kertas . jika timbul berarti kertas terlalu panas / penekannannya tidak merata, coba di tekan dan gosok sampai gelembung hilang/ mengecil . hal ini lah yang meyebabkan jalur terputus.

9. Dinginkan PCBnya

10. rendam dalam air sabun ( biar licin)  sampai kertasnya lepas dr PCB

tuk agar lebih cepat lepas bantulah dengan tangan untuk menipiskan kertasnya , dengan cara di urut kertasnya 

11. Keringkan PCB

jika  di antara 2 jalur atau lumbang PCB masih ada kertas rendamlah dalam air sabun sambil di sikat pelan2 menggunkan sikat gigi.

12. jika ada jalur yang putus gambar lah dengan spidol yg anti air / permanen

saya menggunkan spidol snowman yang permanen ukuran F

13 larutkan PCB menggunkan fericlorit

14. beriskan karbon yang menempel di PCB menggunakan amplas.

15. PCB siap di bor dan di pasang komponen

 

sekian dulu tutorialnya, sementara blm ada gambar pendukungnya krn blm di dokumentasikan , tar saya update tuk memasukan gambar setiap langkah / video dr awal sampai akhir . Selamat mencoba

 



 

 

 

 

From → Elektronika

3 Comments
  1. rietha permalink

    Nah..sekarang masalahnya belum bisa nggunain alias masih bingung gmana caranya nggambar rangkaian pke Altium Designernya pak…

    hwheehhehehe….

    kapan2 diajarin yah pak….^_*

  2. Ehem…..

  3. rietha permalink

    eh…ada mas wahidi toh?baru liat mas….hehehehe

    mas wahidi udah nyoba blum tuh mencetak gambar PCB dengan cara disetrika…

    aku kmrin nyoba gagal tuh mas…..^_*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: