Skip to content

Membuat Recovery Windows 7 Bootable

11 April 2010

Sering kali kalau windows kita error karena banyak sebab, cara paling ampuh untuk mengatasi adalah dengan menginstall ulang windowsnya. Install ulang windows berarti kita harus install driver dan program yang kita akan pakai , belum lagi setting-settingnya windows agar jadi optimal , bila hal ini sering kita lakukan maka sangat melelahkan confused , dulu saya sering melakukan hal ini  dan hampir seharian windows baru bias digunakan sesuai keinginan. Dari dulu saya sudah mencari program recovery windows yang bisa membuat bootingnya tapi belum ketemu-ketemu, kebanyakan cuma bisa membuat image recoverynya tapi untuk load  dari proses booting gak bisa. Setelah saya pakai Windows 7 , teryata di dalam  Windows 7 terdapat program untuk membuat backup recovery dengan bootingnya.  sebelum Anda membuat recovery windows 7 yang ada pakai sebaiknya windows 7 Anda dalam keadaan fresh dan setting seoptimal mungkin,  jangan udah dipakai 1 bln/ 1thn baru di recovery , hehehe smile . Adapun caranya sebagai berikut:

1. Cara membuat System Image

Untuk membuat System Image ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

Gambar 1

Gambar 2

Gambar 3

Gambar 4

Gambar 5

Saya mencoba membuat recovery Windows 7 ini , di simpan dalam HDD pada drive lain pasti tahu dong sebabnya biar gak boros DVD  hehehehe, la pas saya buat recovery di DVD lupa gak di capture gambarnya.  jika Anda menyimpan di dalam di DVD nanti, jika DVD yg pertama sudah penuh maka pada proses saving backup ini akan meminta suruh memasukan DVD selanjutnya sampai proses ini selesai.  Jumlah DVD yg dibutuhkan dapat di hitung dari ukuran  drive C + drive System Reserved yang terpakai.

Gambar 6

Jika ingin membuat System Repair Disc Klik Yes . Jika sebelumnya sudah mempunyai System Repair Disc klik No, karena system repair disc ini dapat dipakai lagi walupun system imagenya telah terupdate.

2. Cara membuat System Repair Disc

Fungsi dari membuat System Repair Disc adalah untuk membuat booting komputer  yang nantinya untuk load system image  yang  telah di buat. Langkah-Langkahnya sebagai berikut :

Bisa dimulai dari seperti Gambar 2 atau Gambar 6. Jika dari Gambar 2 klik Create a System Repair Disc. Kemudian akan muncul

Gambar 7

Masukan CD blank sebelum klik Create Disc. System Repair Disc gunakan aja CD blank karena ukurannya Cuma 142 Mb. Lanjutnya …

Gambar 8

Lanjutnya ….

Gambar 9

Selamat mencoba

From → Tutorial

3 Comments
  1. aditya permalink

    mas vrus emang paling top nie…

  2. thank’s bngt infonya..
    slam rachmadhariyadi.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: